Skip to main content

S.I.M.B.O.L.




 Apa yang terbesit di fikiran kita saat melihat lambang atau simbol di atas ?

          Kita pasti berfikir ini adalah lambang atau simbol dari yahudi atau bahkan zionis atau bahkan satanisme dan lain sebagainya. Sebenarnya simbol di atas merupakan warisan dari agama islam. Simbol ini merupaka tsaqofah islamiyah. Sebelum israel memakai simbol ini, orang muslim sudah menggunakanya terlebih dahulu. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa agama di dunia ini dibagi menjadi dua bagian yaitu wad’i dan samawi. Agama wad’i meliputi Budha, Konghucu, Hindu dan Zoroaster dan lain sebagainya, sementara agama samawi terdiri dari tiga yaitu, Islam, Yahudi, Nasrani. Ketiga agama ini memliki banyak kesamaan dalam hal budaya tapi tidak dalam hal aqidah. Arsitektur contohnya, banyak dari ornament ketiga agama ini yang memilki kemiripan dan kesamaan, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena para pembawa agama-agama ini merupakan Nabi utusan Allah SWT, penganut ketiga agama samawi ini meyakini adanya nabi, walaupun agama Yahudi dan Nasrani sekarang jelas berbeda dengan dahulu (ketika di zaman Nabi mereka masih ada) dan sekarang kedua agama ini sudah mengalami banyak perubahan, entah dari kitab sucinya maupun keyakinanya.

Permasalahanya adalah di zaman sekarang, dimana banyak diantara masyarakat kita yang belum mengetahui hal ini atau belum mengetahui kebenaran dari sejarah ini, sehingga munculah banyak perkara yang sangat sensitif dari ujaran kebencian hingga pengkafiran terhadap simbol ini ataupun terhadap individu yang tak sengaja memasang simbol ini ataupun cocokologi orang-orang dengan menghubungkan simbol ini terhadap hal-hal yang tidak ada hubunganya sama sekali, sehingga menyebabkan hilangnya toleransi dan rasa persaudaraan antara sesama muslim khususnya dan sesama manusia umumnya¹.

Habib Ali Al-Jufri mengatakan bahwa : “kemanusian sebelum beragama, tepatnya kemanusiaan sebelum cara beragama, bagi manusia (yang beriman) agama harus didahulukan sebelum segalanya (diproioritaskan). Nabi Adam ketika diutus ke bumi, beliau hadir bersama agamanya (islam) , karena agama itu berasal dari Allah SWT tetapi beragama adalah bagaimana orang tersebut memeluk (mengambil) agama ini dengan keyakinan dan pemahaman yang benar terhadap ajaran agama ini, serta akhlak baik yang ditampilkan untuk bergaul dengan makhluk ciptaan-Nya dan juga berintraksi dengan lingkungan sekitar tempat tinggal kita”².

          Jika kita telaah sejarah islam dari masa ke masa kita akan temui banyak simbol bintang daud yang terpakai, yang mana semua ini merupakan tsaqofah yang sama, bisa disebut juga tsaqofah musytarokah. Salah satu contoh dari tsaqofah musytarokah adalah simbol bintang daud. Bintang daud merupakan simbol yang memiliki arti kemenangan, simbol ini dibuat oleh Nabi Daud dan dipakai raja-raja pada zamannya, bukan hanya itu simbol ini juga pernah dipakai oleh sultan dan para jendral di panji perang mereka pada masa khilafah Turki Utsmani.
















Bendera Emirat Karamanid sebuah negara Islam yang dipimpin oleh Sultan Karimuddin Qirman Bey tahun 1250 – 1487 yang sekarang terletak di Konya, Turki.












Mata uang kesultanan maroko






Bendera panji Jendral Maritim Turki Usmani Khoiruddin barbarossa dimasa pemerintahan Sultan Sulayman al-Qonuni berada di Denis musezi (museum) di Istanbul.




Naskah dari Tiongkok pada Mushaf abad 16 – 17 dengan ayat-ayat Quran


Ini semua simbol bintang daud yang dipakai oleh umat muslim pada zaman dahulu dan masih ada hingga sekarang di museum-museum islam di Turki dan simbol inipun ada yang terpasang di ornamen-ornamen gereja dan sinagog di Mesir. Tentu saja hal ini tidak salah. Seharusnya kita bisa menerima ini dan mensyukurinya karena ini semua merupaka Tsaqofah Islamiyah musytarokah yang ada hingga sekarang dan kitapun harus bisa menyikapinya dengan bijak dan bukan dengan sumbu pendek ataupun saling serang dan mengujarkan kebencian bahkan pengkafiran.
Maka mari kita telaah lagi sejarah islam kita, sehingga kita bisa mengambil manfaat dan ilmu dari sejarah Islam. karena sejarah memang sangat berperan penting dalam banyak hal. Sekian semoga tulisan ini bermanfaat. Wallahu alam bishowab³.






_____________________________
1.    Silahkan cari di google “simbol zionisme / yahudi di masjid” maka akan banyak berita tentang hal      ini. ( klik Link ini)
       2. (link video)
3      3. Sumber : (mata uang) (koin) (ini juga)  


           
               

Bintang Daud pada Quran Baybar






Comments

Popular posts from this blog

Lembaran Hitam dari Hijaunya Taman Al-Azhar

Lembaran Hitam dari Hijaunya Taman Al-Azhar   Taman Al-Azhar atau biasa disebut hadiqoh Al-Azhar dalam bahasa Inggris Al-Azhar park , berlokasi di jl. Salah Salim, El-Darb El-Ahmar, Cairo, Mesir. Perencanaan pembangunan taman ini dimulai pada tahun 1984 oleh yayasan Aga Khan, setelah perencanaan bertahun-tahun lamanya, dimulailah pembangunan taman ini pada tahun 1996 hingga 2005, dengan memakan biaya hingga 30 juta dollar Amerika, dibutuhkan 80.000 truk untuk memindahkan limbah dan sampah dari Darb El-Ahmar (nama komplek) ke tempat tersebut dan memakan waktu selama lima tahun, selain itu ada dua unit tangki air raksasa yang di tanam dibawah tanah untuk memenuhi kebutuhan air di taman ini dan taman ini meiliki luas 33 hektar, di dalamnya terdapat restoran, air mancur dan kolam buatan , taman ini memiliki 650.000 tanaman yang memenuhi seluruh permukaan ta nah sehingga menjadikan taman ini tampak indah dan menakjubkan . Aga khan sang pemilik yayasan merupakan seorang pemi

Kepleset Nyampe Hurghada

  “Ham, besok ada trip nih ke Hurghada, ikut ga” sebuah notifikasi pesan masuk di WA saya. Tanpa pikir panjang saya pun mengiyakan. “Gas, tel” dimulailah perjalanan saya menuju Hurghada bersama Arjuna Travel. Perjalanan dimulai jam 01.30 malam di Arabiata, Hay Sabie, saya yang beberapa menit sebelum itu baru saja pulang dari Alexandria, langsung menyambung trip menuju Hurghada.   Perjalanan ditempuh menggunakan bus, yang tentu saja nyaman, dan dilengkapi dengan charger HP pastinya. Selama 6 jam perjalanan, dengan satu kali istirahat untuk sholat subuh di rest area Za’farona, kita disuguhi pemandangan laut yang menyegarkan mata, walaupun sebenarnya saya tertidur dan tidak melihat sekeliling, hahaha. Sesampainya di Hurghada pukul 08.00 kurang lebih, kami langsung Check-in di salah satu hotel berbintang disana, lalu dilanjutkan dengan sarapan pagi nasi ayam krispi, Arjuna Travel tahu sekali cara memanjakan para peserta tripnya. Setelah kita Check-in dan sarapan, kita melakukan kegiatan ya