Skip to main content

KEAGUNGAN ISRO MIROJ MENURUT BAHASA





KEAGUNGAN ISRA MIROJ DARI SEGI BAHASA

            Nabi Muhammad shallahu alaihi wa salam, sosok pribadi yang agung. Dalam menjalankan misi dakwah Beliau yang agung ini, Beliau diperintahkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala untuk melaksanakan Isro mi’roj dari Makkah menuju Masjid Aqso dan menuju Langit ke tujuh, dalam peristiwa ini juga banyak kejadian yang menunjukan betapa agungnya Nabi Akhir zaman ini, kalaupun sungai nil dijadikan tinta saya rasa tidak akan cukup untuk menuliskan keagungan Beliau.

             Isro mi’roj merupakan Mu’jizat yang amat besar yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad shallahu alaihi wa salam dan Allah Swt telah berfirman dalam Al-Quran :

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ ءَايَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِير

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat”. (QS. Al-Isra` : 1)

Ketika di Masjid Aqso, Allah Swt mengumpulkan para nabi-Nya dan menjadikan Nabi Muhammad Saw imam bagi mereka Semua. Ini merupakan salah satu tanda keagungan Nabi Muhammad Saw yang Allah tunjukan kepada nabi-nabi-Nya shalawat serta salam untuk mereka semua.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama Isro Mi’roj merupakan bahasa Arab. “Isro sendiri memiliki arti perjalanan di malam hari dan mi’roj merupakan peristiwa naiknya Nabi Muhammad ke langit, jelaslah juga bahwa kejadian ini terjadi pada malam hari, namun mengapa disana masih tertulis  لَيْلًا jika memang peristiwa ini terjadi di malam hari.                                                 Dalam bahasa Arab maksud dari kata “laylan” merupakan kata tambahan yang memiliki faidah sebagai penekanan, lalu apa tujuan dari tambahan kata ini, Maulana Syeikh A’la Musthafa Naimah mejelaskan dalam majlisnya bahwa kata tambah disini merupakan petunjuk dan pengingat dari Allah Swt bahwa malam hari merupakan waktu untuk bermunajat kepada-Nya dan dianjurkan bagi kita untuk menghidupkanya.
 Dan dari segi bahasa kalimat Isro Miroj memiliki makna menakjubkan yang menunjukan keagungan nabi Muhammad shallahu alaihi wa salam. Tertulis di ayat di atas tadi  سبحان الذي أسري , mengapa Allah tidak menuliskan dalam al-Quran dengan    سبحان الله قد أسري padahal kalimat ini lebih jelas tapi justru di Al-Quran tertulis "سبحان الذي أسري" .  Menurut para Ahli bahasa Arab kata “ الذي”   merupakan Ism mausul yang salah satu faidahnya menunjukan hal yang dekat, maka Allah swt memakai ism mausul di al-Quran sebagai pertanda bahwa Nabi Muhammad merupakan Hamba-Nya yang paling dekat dengan-Nya, jika kita lihat kembali kepada ayat ini, setelah ism mausul tertulis kata أسري"seperti yang sudah kita pahami tadi bahwa ism mausul memiliki faidah menunjukan hal yang dekat, pada awal kata أسري"tertulis huruf “Alif” yang mana merupakan awal huruf hijaiyah, Nabi Muhammad merupakan hamba-Nya yang terdekat dengan-Nya sekaligus hamba-Nya yang pertama (pertama dalam banyak hal) diriwayatkan dalam hadis bukhori Nabi Muhammad bersabda “aku sudah menjadi Nabi dan Adam masih dalam (pembentukan) ruh dan jasadnya”  dan di akhir kata itu juga terdapat huruf “Ya” yang mana merupakan huruf terakhir dalam hijaiyah dari sini kita paham bahwa beliau merupakan yang terakhir (utusan Allah yang terakhir) sebagai penutup para nabi dan jika kita lihat di tengah kita menemukan huruf “Sa dan Ra” bisa dibaca “sirr” سرmemiliki arti rahasia, disinilah terdapat tafsir dari firman Allah فأوحي إلي عبده ما أوحي"artinya “lalu disampaikanya wahyu kepada hamba-Nya (Muhammad) apa yang telah diwahyukan Allah”. Tidak ada yang tahu dari kita semua apa yang Allah Wahyukan padanya pada saat itu kecuali Allah dan Sayiduna Rasulullah. wallahu a'lam bishowab.

Dan masih banyak lagi keagungan lainya yang terjadi di malam Isra Miraj Rasulullah Saw, InsyaAllah akan saya lanjutkan di kesempatan selanjutnya.
Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber :
    - Majlis bersama Syaikh A'la Mustofa Naimah
    - Kitab ufuq adzomah Muhamadiyah


Comments

Popular posts from this blog

Lembaran Hitam dari Hijaunya Taman Al-Azhar

Lembaran Hitam dari Hijaunya Taman Al-Azhar   Taman Al-Azhar atau biasa disebut hadiqoh Al-Azhar dalam bahasa Inggris Al-Azhar park , berlokasi di jl. Salah Salim, El-Darb El-Ahmar, Cairo, Mesir. Perencanaan pembangunan taman ini dimulai pada tahun 1984 oleh yayasan Aga Khan, setelah perencanaan bertahun-tahun lamanya, dimulailah pembangunan taman ini pada tahun 1996 hingga 2005, dengan memakan biaya hingga 30 juta dollar Amerika, dibutuhkan 80.000 truk untuk memindahkan limbah dan sampah dari Darb El-Ahmar (nama komplek) ke tempat tersebut dan memakan waktu selama lima tahun, selain itu ada dua unit tangki air raksasa yang di tanam dibawah tanah untuk memenuhi kebutuhan air di taman ini dan taman ini meiliki luas 33 hektar, di dalamnya terdapat restoran, air mancur dan kolam buatan , taman ini memiliki 650.000 tanaman yang memenuhi seluruh permukaan ta nah sehingga menjadikan taman ini tampak indah dan menakjubkan . Aga khan sang pemilik yayasan merupakan seorang pemi

S.I.M.B.O.L.

 Apa yang terbesit di fikiran kita saat melihat lambang atau simbol di atas ?           K ita pasti berfikir ini adalah lambang atau simbol dari yahudi atau bahkan zionis atau bahkan satanisme dan lain sebagainya. Sebenarnya simbol di atas merupakan warisan dari agama islam. Simbol ini merupaka tsaqofah islamiyah. Sebelum israel memakai simbol ini, orang muslim sudah menggunakanya terlebih dahulu . Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa a gama di dunia ini dibagi menjadi dua bagian yaitu wad’i dan samawi . A gama wad’i meliputi B udha, K onghucu, H indu dan Zoroaster dan lain sebagainya, sementara agama samawi terdiri dari tiga yaitu, Islam, Yahudi, Nasrani. Ketiga agama ini memliki banyak kesamaan dalam hal budaya tapi tidak dalam hal aqidah. Arsitektur contohnya, banyak dari ornament ketiga agama ini yang memilki kemiripan dan kesamaan, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena para pembawa agama-agama ini merupakan Nabi utusan Allah SWT, penganut ketiga agama

Kepleset Nyampe Hurghada

  “Ham, besok ada trip nih ke Hurghada, ikut ga” sebuah notifikasi pesan masuk di WA saya. Tanpa pikir panjang saya pun mengiyakan. “Gas, tel” dimulailah perjalanan saya menuju Hurghada bersama Arjuna Travel. Perjalanan dimulai jam 01.30 malam di Arabiata, Hay Sabie, saya yang beberapa menit sebelum itu baru saja pulang dari Alexandria, langsung menyambung trip menuju Hurghada.   Perjalanan ditempuh menggunakan bus, yang tentu saja nyaman, dan dilengkapi dengan charger HP pastinya. Selama 6 jam perjalanan, dengan satu kali istirahat untuk sholat subuh di rest area Za’farona, kita disuguhi pemandangan laut yang menyegarkan mata, walaupun sebenarnya saya tertidur dan tidak melihat sekeliling, hahaha. Sesampainya di Hurghada pukul 08.00 kurang lebih, kami langsung Check-in di salah satu hotel berbintang disana, lalu dilanjutkan dengan sarapan pagi nasi ayam krispi, Arjuna Travel tahu sekali cara memanjakan para peserta tripnya. Setelah kita Check-in dan sarapan, kita melakukan kegiatan ya