Skip to main content

Backpacker Luxor Aswan Low Budget untuk Masisir 2020

Ngeteng Backpacker Aswan & Luxor

Sebagian orang memilih untuk berpergian sebagai backpacker daripada berpergian bersama agen travel, selain harga yang lebih murah, kadang dengan bacpacker kita menemui tantangan tersendiri dalam sebuah perjalanan, yang mana semua ini bisa menjadi cerita, pengalaman, dan pembelajaran yang berkesan tersendiri dalam hidup ini.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi bagaimana cara ngeteng atau backpackeran dari Cairo ke Aswan (Abu Simbel) dan Luxor dengan budget minim, ada beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum melakukan perjalanan ini :

1.      Tasreh daim (kartu wisata dari kementrian mesir)

2.      ID (kerneh / paspor / atau keduanya)

3.      Persiapan pribadi (baju, obat, makanan, dll)

Setelah mempersiapkan hal-hal ini, kita langsung menuju ke stasiun kereta Ramsis, untuk pembelian tiket kereta berada dibagian dalam stasiun, jadi kita masuk ke dalam lalu, nyebrang rel, disana ada dua tempat, pertama untuk kelas I AC, kedua untuk kelas II AC. Di masa sekarang (pandemi) orang asing diharuskan membeli yang kelas I AC (entah akan menjadi kebijakan, entah protokol sementara saja).

Harga tiket kereta kelas I AC menuju Aswan 175 le, sementara menuju luxor 250 le, saya juga ga tau kenapa lebih mahal Luxor, padahal lebih jauh Aswan. Perjalanan ditempuh kurang lebih 13 jam. Saya sarankan pilih sore hari, sehingga sempai di tujuan keesokan paginya.

Sesampainya di stasiun Aswan (jika anda ingin ke Abu Simbel) kita keluar dan menuju ke terminal Bis (menurut info tukang taxi, bis ke Abu Simbel terbatas jadi tidak ada setiap waktu), untuk ke terminal bis, bisa menggunakan taxi atau juga bisa menggunakan kendaraan lokal, jarak antara terminal dan stasiun lumayan jauh, jadi menggunakan kendaraan bisa menghemat waktu dan tenaga, untuk biaya bisa dinego kok. Saya naik kendaraan lokal 30 le untuk 5 orang.

Di terminal kita langsung beli tiket Bis menuju Abu Simbel seharga 70 le perorang, perjalanan ditempuh kurang lebih 4 jam, jika anda ingin membawa makanan atau minuman, silahkan beli di warung sekitar stasiun atau terminal, karena perjalanan kesana melewati gurun dan minuman atau makanan di rest area sana agak mahal dikit.

Sesampainya di Abu simbel anda bisa berjalan atau menaiki kendaraan untuk menuju ke Abu simble temple, jaraknya tidak jauh, kadang cuacanya saja cukup panas jika berjalan, jika anda ingin naik kendaraan lokal atau taxi tenang saja harga bisa dinego, saya menggunakan taxi 30 le untuk 5 orang. Masuk di Abu simbel temple gratis jika anda memakai tasreh, sementara harga tiket masuk bagi pelajar non mesir 130 le.

Perjalanan kembali dari Abu Simbel ke stasiun Aswan bisa menggunakan bis atau tremko, tremko 60 le dan bis 70 le. Tapi bis hanya ada di pagi hari. Untuk perjalanan Aswan ke Luxor kita bisa menaiki kereta kelas qoumi (kereta kambing) seharga 10 le, perjalanan ditempuh sekitar 4 jam.

Destinasi dan tempat-tempat bersejarah di Luxor berdekatan satu sama lain, anda bisa berjalan atau menaiki delman, atau juga bisa menyewa kendaraan untuk seharian perjalanan anda, harga bisa dinego, selagi kita berbahasa arab mereka tidak memahalkan sebagaimana harga turis pada umumnya, warga disana juga ramah dan menghormati kita sebagai pelajar. Untuk masuk ke tempat-tempat bersejarah disana, selama kita memiliki tasreh kita bisa masuk secara gratis dan peninggalan mesir kuno sangat banyak di Luxor maka nikmatilah dan pelajarilah.

Untuk penginapan saya sarankan untuk mencari villa atau bisa disebut juga homestay “syaqqah” karena harga lebih terjangkau, mendapat fasilitas satu rumah penuh dan juga waktu flesibel (tidak ada check in atau chek out), jika menginap di hotel atau hostel “funduq” kita mendapat harga yang cukup mahal dan hanya mendapat kamar saja dan juga terbatas waktu.

Harga hostel yang saya dapat 200 le untuk kamar dobel bed dan 250 untuk kamar triple bed. di hostel satu bed hanya diperbolehkan untuk satu orang, kita tidak diperbolehkan menyewa kamar dobel bed untuk tiga orang atau lebih, sementara harga homestay 300 le dan kita bisa mengisi untuk 5 orang. Homestay berada di bagian  barat Luxor, kita harus menyebrang nil terlebih dahulu, ongkosnya 5 le perorang, untuk warga lokal 2,5 le.

Untuk perjalanan pulang ke Cairo kita bisa mendapat harga tiket kereta 105 le untuk kelas II AC.

Sekian dulu gambaran tentang backpacker menuju Aswan & Luxor, untuk cerita lebih lengkap bisa tunggu tulisan saya selanjutnya atau pantengin di ig saya @ilhammafatihulihda. Sekian dan terima kasih.

Popular posts from this blog

Lembaran Hitam dari Hijaunya Taman Al-Azhar

Lembaran Hitam dari Hijaunya Taman Al-Azhar   Taman Al-Azhar atau biasa disebut hadiqoh Al-Azhar dalam bahasa Inggris Al-Azhar park , berlokasi di jl. Salah Salim, El-Darb El-Ahmar, Cairo, Mesir. Perencanaan pembangunan taman ini dimulai pada tahun 1984 oleh yayasan Aga Khan, setelah perencanaan bertahun-tahun lamanya, dimulailah pembangunan taman ini pada tahun 1996 hingga 2005, dengan memakan biaya hingga 30 juta dollar Amerika, dibutuhkan 80.000 truk untuk memindahkan limbah dan sampah dari Darb El-Ahmar (nama komplek) ke tempat tersebut dan memakan waktu selama lima tahun, selain itu ada dua unit tangki air raksasa yang di tanam dibawah tanah untuk memenuhi kebutuhan air di taman ini dan taman ini meiliki luas 33 hektar, di dalamnya terdapat restoran, air mancur dan kolam buatan , taman ini memiliki 650.000 tanaman yang memenuhi seluruh permukaan ta nah sehingga menjadikan taman ini tampak indah dan menakjubkan . Aga khan sang pemilik yayasan merupakan seorang pemi

S.I.M.B.O.L.

Apa yang terbesit di fikiran kita saat melihat lambang atau simbol di atas ?           K ita pasti berfikir ini adalah lambang atau simbol dari yahudi atau bahkan zionis atau bahkan satanisme dan lain sebagainya. Sebenarnya simbol di atas merupakan warisan dari agama islam. Simbol ini merupaka tsaqofah islamiyah. Sebelum israel memakai simbol ini, orang muslim sudah menggunakanya terlebih dahulu . Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa a gama di dunia ini dibagi menjadi dua bagian yaitu wad’i dan samawi . A gama wad’i meliputi B udha, K onghucu, H indu dan Zoroaster dan lain sebagainya, sementara agama samawi terdiri dari tiga yaitu, Islam, Yahudi, Nasrani. Ketiga agama ini memliki banyak kesamaan dalam hal budaya tapi tidak dalam hal aqidah. Arsitektur contohnya, banyak dari ornament ketiga agama ini yang memilki kemiripan dan kesamaan, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena para pembawa agama-agama ini merupakan Nabi utusan Allah SWT, penganut ketiga agama

Kepleset Nyampe Hurghada

“Ham, besok ada trip nih ke Hurghada, ikut ga” sebuah notifikasi pesan masuk di WA saya. Tanpa pikir panjang saya pun mengiyakan. “Gas, tel” dimulailah perjalanan saya menuju Hurghada bersama Arjuna Travel. Perjalanan dimulai jam 01.30 malam di Arabiata, Hay Sabie, saya yang beberapa menit sebelum itu baru saja pulang dari Alexandria, langsung menyambung trip menuju Hurghada.   Perjalanan ditempuh menggunakan bus, yang tentu saja nyaman, dan dilengkapi dengan charger HP pastinya. Selama 6 jam perjalanan, dengan satu kali istirahat untuk sholat subuh di rest area Za’farona, kita disuguhi pemandangan laut yang menyegarkan mata, walaupun sebenarnya saya tertidur dan tidak melihat sekeliling, hahaha. Sesampainya di Hurghada pukul 08.00 kurang lebih, kami langsung Check-in di salah satu hotel berbintang disana, lalu dilanjutkan dengan sarapan pagi nasi ayam krispi, Arjuna Travel tahu sekali cara memanjakan para peserta tripnya. Setelah kita Check-in dan sarapan, kita melakukan kegiatan ya